HABAR KON BMR

SELAMAT DATANG di Berita Online HABAR KON BMR Kami Lihat,Kami Dengar,Kami Beritakan

Selasa, 14 November 2017

SELAIN MEMBERI MOTIVASI KEPADA PETANI, BABINSA JUGA BERKOMITMEN MENDAMPINGI PETANI


Habar Kon BMR, BOLMONG – Babinsa Koramil 1303-12/ST Sertu Latif  turun langsung ke sawah membantu kelompok tani menanam padi, Senin (13/11), Hal itu dilakukan dalam rangka pendampingan Upaya Khusus (Upsus) untuk meningkatkan luas tambah tanam.

Sertu Latif bersama Poktan Sukamaju menanam padi jenis Ciheran di lahan seluas 2,5 Ha yang bertempat di Desa Cempaka Kecamatan Sangtombolang Kabupaten Bolmong.

“Babinsa turun langsung ke sawah, supaya para petani mempunyai semangat yang tinggi untuk menanam padi,” ungkap Sertu Latif.

“Kalau para petani ingin hasil panennya meningkat, maka harus dimulai dengan pengolahan dan penyiapan lahan sebelum menanam, Dilanjutkan dengan pemupukan yang efektif dan efisien sampai penanggulangan hama. Sehingga tiba musim panen,” terang Sertu Latif.

Menurutnya, pendampingan menjadi unsur penting dalam menggerakkan para petani untuk dapat menyiapkan teknologi. Penyuluh dan Babinsa merupakan salah satu penggerak bagi para petani selaku pelaku utama dalam bertani.

“Penyuluh dan Babinsa dapat berperan sebagai komunikator, fasilitator dan dinamisator melalui pengawalan dan pendampingan kegiatan Upaya Khusus guna peningkatan produksi padi dalam pencapaian swasembada berkelanjutan,” tandasnya.

Padi merupakan komoditi tanaman pangan yang memiliki peranan pokok dan sangat penting sebagai pemenuhan kebutuhan pangan, dan industri dalam negeri yang setiap tahunnya cenderung meningkat seiring dengan pertambahan jumlah penduduk dan berkembangnya industri pangan, sehingga dari sisi Ketahanan Pangan Nasional fungsinya menjadi amat penting dan strategis.


Tidak ada komentar: